Rabu, 03 Juli 2013

pengaruh pengangguran dan kemiskinan dengan adanya BLSM

Pengangguran dan kemiskinan adalah hal yang selalu menjadi masalah di tanah air. Permasalahan sosial yang sudah terjadi sejak jaman dulu dan sulit untuk diatasi karena di negeri ini dengan penduduk hampir 250 juta jiwa dan selalu meningkat setiap tahunnya menyebabkan terjadinya kesenjangan atau masalah sosial . Pengangguran dan kemiskinan selalu dikaitkan dengan faktor ekonomi yang dihadapi
Pengangguran adalah penduduk yang tidak bekerja atau kurangnya kemampuan atau keterampilan yang dimiliki sehingga sulit untuk menghasilkan sesuatu yang bisa membuahkan keuntungan, minimnya lapangan pekerjaan. 
Kemiskinan merupakan salah satu faktor akibat adanya pengangguran yang semakin meningkat,problem kemanusiaan yang menghambat kesejahteraan dan peradaban,sehingga semua orang sepakat kemiskinan harus ditanggulangi dengan mengurangi angka pengangguran.
Jadi hubungan antara pengangguran dengan kemiskinan yaitu:
-pengangguran berpengaruh secara signifikan
-semakin angka pengangguran meningkat maka angka kemiskinanpun meningkat pula.
-sebaliknya jika angka pengangguran turun angka kemiskinanpu menurun.
-Jumlah penduduk meningkat,pengangguran meningkat maka angka kemiskinanpun menigkat pula.
Oleh karena itu, menurut saya pengangguran dan kemiskinan itu sendiri memiliki hubungan yang sangat erat dalam masyarakat hingga saat ini terutama di Indonesia. Karena dengan meningkatnya pengangguran maka secara otomatis tingkat kemiskinan di negeri ini juga akan meningkat. Hal tersebut juga akan menyebabkan beberapa perilaku menyimpang seperti tingkat kriminalitas yang tinggi dan beberapa masalah sosial lainnya. Indonesia sebagai negara yang memilik Sumber Daya yang berlimpah seharusnya lebih dapat mensejahterakan rakyatnya. Seharusnya sumber daya yang kaya ini dapat dimanfaatkan dan di kelolah demi kepentingan bangsa dan negara. Jika hal ini sudah diterapkan, saya yakin kemiskinan dan pengangguran yang terjadi di negara kita dapat diatasi denganan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar